Selasa, 31 Mei 2016

Komputer dan Media Pembelajaran "Merancang dan Membuat Blog untuk Pembelajaran SD



A.           Mengenal Blog
Blog yang dulunya disebut weblog adalah salah satu jenis website yang dengan konten yang diperbarui secara rutin dan ditampilkan mulai dari post yang terbaru. Orang yang menggunakan blog disebut blogger. Satu blogger tidak hanya dapat memiliki satu blog saja, akan tetapi dapat memiliki lebih dari itu.
Perkembangan blog di Indonesia sangatlah pesat. Pada permulaan, blog digunakan sebagai wadah curhat bagi pemiliknya. Saat ini, blog tidak hanya digunakan sebagai wadah curhat saja, akan tetapi digunakan sebagai sarana PR (Public Relation) untuk perusahaan-perusahaan, sebagai tempat promosi barang-barang yang dijual, dan juga sebagai sarana pembelajaran dalam pendidikan.
Blog adalah salah satu wadah untuk mengirimkan naskah dokumen dengan mudah, berbeda dengan website. Untuk menerbitkan naskah melalui website seseorang dituntut untuk memiliki kepahaman yang cukup tentang HTML (Hypertext Markup Language), dan mengerti cara mengirimkan file dokumen naskahnya ke server harus melewati FTP (File Transfer Protocol). Oleh karena itu tidak semua orang dapat mengirimkan naskahnya melalui website, hanya orang-orang tertentu yang memiliki pengetahuan khusus yang dapat melakukannya. Berbeda dengan blog, yang semua orang dapat menggunakannya dengan mudah dan gratis.
Penyedia layanan blog gratis yang ada saat ini adalah Wordpress, Blogsome, Blogdrive, Blog.com, Blogger.com, dan masih banyak lagi. Akan tetapi ada satu penyedia layanan blog gratis yang hampir semua blogger mengetahuinya, yaitu Blogger.com.
Setiap penyedia layanan blog mempunyai ciri khas layanan masing-masing, khususnya dalam template. Ada layanan blog yang memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk memodifikasi templatenya, bahkan membuat template sendiri. Tetapi, ada juga penyedia layanan blog yang membatasi penggunanya agar tidak dapat mengubah templatenya.

B.            Blogspot atau Blogger.com
Blogspot yang juga dikenal dengan istilah blogger.com adalah salah satu layanan blog gratis yang paling populer saat ini. Blogger semula dimiliki oleh Pyra Labs dan setelah itu diakuisisi oleh Google pada Februari 2003. Setelah diakuisisi oleh google, beberapa layanan premium blogger yang sebelumnya berbayar, sepenuhnya digratiskan dan siapapun boleh mengaksesnya.
Fasilitas template blogger/blogspot memiliki kelebihan dibandingkan dengan penyedia layanan blog gratis yang lainnya. pengguna blogspot dapat bebas memodifikasi atau membuat sendiri template untuk blognya sesuai keinginannya.
Untuk membuat blog lewat layanan ini hanya memerlukan tiga langkah, yaitu langkah pertama membuat account, langkah kedua memberi nama blog kita, dan yang terakhir memilih pola desain halaman (template) blog kita. Adapun langkah-langkah membuat blog melalui blogger.com secara umum adalah sebagai berikut :
1.             Buka browser kita, seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer, selanjutnya pada adress bar ketikkan alamat  http://blogger.com.
2.             Setelah itu akan muncul tampilan halaman utama dari blogger.com, klik Ciptakan Blog Anda.
3.             Membuat account Google merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan, isikan seluruh data yang yang diminta, klik Lanjutkan.
4.             Selanjutnya kita akan diminta untuk mengisikan judul blog dan alamat dari blog kita.
5.             Sebelum melanjutkan, sebaiknya kita cek terlebih dahulu, apakah alamat blog yang kita inginkan tersedia atau tidak dengan mengklik Cek Ketersediaan. Jika alamat blog tersedia, silahkan klik Lanjutkan untuk memulai langkah berikutnya.
6.             Langkah selanjutnya adalah memilih template (tampilan) blog. Template atau tema untuk blog dapat langsung memilih di blogspot, karena blogspot sudah menyediakan beberapa macam template yang bisa kita gunakan. Pilih salah satu tampilan yang kita sukai, lalu klik Lanjutkan.
7.             Setelah itu kita sudah dapat menggunakan blog kita, tetapi lebih baik  kita memverifikasi account google kita. Buka email yang kita gunakan pada saat mendaftar, buka email dari google, selanutnya klik tautan yang terdapat pada email tersebut.

Apabila kita telah berhasil membuat blog dengan menggunakan blogspot, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengolah blog kita. Inilah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mengolah blog kita, yaitu :
1.             Login dengan account kita pada blogger, dengan cara memasukkan email dan password pada saat kita mendaftar sebelumnya, lalu klik Masuk.
2.             Setelah proses login selesai, akan muncul tampilan dasbor account kita. Dasbor merupakan halaman utama dari account kita. Pada dasbor terdapat fasilitas-fasilitas yang terdapat pada blogspot. Untuk membuat posting baru, kita harus mengklik Entri Baru.
3.             Isikan judul dari postingan yang akan kita buat. Jangan lupa juga untuk memberikan label pada setiap postingan kita, hal ini dilakukan untuk memberikan kategori di setiap postingan kita.
4.             Apabila kita ingin menambah gambar pada postingan kita, klik saja ikon gambar.
5.             Pilih gambar yang akan kita unggah dengan mengklik Browse. Tentukan pula tata letak gambar dan ukuran gambar, lalu pilih “Saya menyetujui Persyaratan Layanan”. Kemudian klik Unggah gambar.
6.             Tunggu sampai proses unggah selesai, klik Selesai untuk menyisipkan gambar.
7.             Gambar yang kita unggah telah disisipkan pada postingan kita, untuk melihat apakah postingan kita telah tertata rapi, klik Pratinjau. Untuk menerbitkan postingannya, klik Terbitkan Entri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar